Tuesday, December 27, 2011

Simulasi Jaringan dengan Router

Packet Tracer adalah suatu tool yang di sediahkan oleh Cisco System Inc, untuk digunakan dalam Cisco Network Academy Program (CNAP). Tool ini sangat power full untuk membantu para siswa dalam prosess pembuatan/simulasi suatu jaringan topology yang akan di buat.
Packet Tracer memungkinkan usernya melakukan simulasi seolah-olah topology tersebut sudah diimplementasikan secara real dengan cisco device yang nyata. user juga dapat melihat apakah konfigurasi yang dilakukan pada switch, router, wireless ataupun PC benar adanya atau tidak. Packet Tracer tidak memuat semua device network secara keseluruhan, tool ini hanya di mungkinkan untuk topology jaringan berskala kecil-menengah saja.

Disini saya mencoba membuat simulasi sebuah jaringan dari 2 ruangan yang berbeda menggunakan router. Dimana antara ruangan A dan ruangan B memiliki IP Address yang berbeda.,

Ini secara singkat simulasi yang saya buat.

  • Pertama anda buka software cisco packet tracer atau anda bias download disini
  • Anda desain jaringan dengan memakai 3 server, 4 switch, 1 router, 2 wireless dan beberapa buah client. Liat contoh dibawah ini 


  • Kemudian  setelah desain selesai anda setting IP Address pada server, dan komputer client yang lain. Cara mensetting IP Address pertama klik 2 kali pada device (server, client, switch atau yang lainnya) alu pilih desktop dan pilih IP Configuration

  • Setelah semua IP di setting lakukan PING pada setiap komputer agar memastikan IP sudah connect…
  • Buat 2 subnet yang berbeda antara ruangan A dan B karena akan dihubungkan dengan router. Misalnya pada ruang A di beri IP 192.168.1.1 dengan subnet 1 dan ruang B diberi IP 192.168.2.1 dengan subnet 2 dan IP 192.168.0.1 untuk server.
  • Setelah itu klik 2 kali pada router lalu buka config dan cari interface liat gmbar dibawah ini :
    Gambar ini untuk settingan router pada ruangan A dengan IP 192.168.1.1 

  • Gambar ini untuk settingan router pada ruangan B dengan IP 192.168.2.1

  • Gambar ini untuk settingan router pada server dengan IP 192.168.0.1

  • Setelah router selesai di setting…sekarang coba PING antara ruangan A ke B caranya klik 2 kali pada komputer pada ruangan A lalu cari desktop – command prompt lalu ketik IPCONFIG untuk mengetahui IP kmputer tersebut. Kemudian ketik ping 192.168.2.8 yaitu ke komputer di ruangan B. setelah sukses berarti router sudah jalan.


sebagai perbandingan dan contoh, telah saya sediakan simulasi jaringan ciptaan saya sendiri yang dapat di download disini.

No comments:

Post a Comment