Friday, December 2, 2011

Sekilas Tentang Black Metal


Black metal (dalam bahasa bali disebut blek wesi :D)adalah sebuah terms dari aliran ekstrim metal yang dipelopori oleh band NWOBHM ( New wave of british heavy metal) ,bernama VENOM. Venom memberikan torehan sejarah dengan memberikan konsep awal dari musik Black Metal ini , dengan karakteristik sound yang kasar, vokal yang shrieking dan tema lagu lagu dengan suasana mistis , paganis dan horror . Gelombang pertama dari musik Black metal selain Venom, kita mengenal ada Bathory dari Swedia , King Diamond / Mercyful Fate dari Denmark juga Celtic Frost / Hellhammer dari Swiss dan Death SS dari Italia . Jerman juga mencatat band seperti Sodom, Destruction dan Necronomicon , namun kurang diperhitungkan sebagai pelopor dari Black Metal karena liriknya kebanyakan mengemukakan tentang peperangan, walaupun dari atribut yang digunakan dan konsep musiknya sama seperti pelopor Black Metal lainnya, kecuali untuk Sodom di dalam album In the sign of evil dan Necronomicon di album pertamanya yang dapat dikategorikan sebagai album referensi sebagai awal perkembangan aliran black metal ini.


Band gelombang pertama ini lah yang merasuki dan menjiwai anak anak muda di Skandinavia sana untuk memulai sesuatu yang lebih ekstrim dengan penjiwaan paganis sesuai dengan kebudayaan nenek moyang mereka sebagai bangsa Viking. Gelombang kedua dari musik Black Metal ini dipelopori oleh Mayhem dari Norwegia .
Quorthon Mark the Black Sign ..!



Bathory dibentuk di Stockholm Swedia pada tahun 1983 oleh Thomas Forsberg yang kemudian menggunakan alias Quorthon. saat masih berumur 18 tahun. Bathory tidak pernah merilis sebuah split demo dengan Hellhammer/ Celtic Frost seperti yang dipercaya oleh masyarakat metal selama ini, tapi sebenarnya album pertama bathory dirilis oleh label Tyfon Grammofon yang merilis 2 lagu mereka pada album kompilasi Scandinavian Metal Attack, dimana didalamnya terdapat lagu dari Hellhammer. Kemudian tidak lama setelah dirilis album kompilasi tersebut, baru-lah album pertama Bathory dirilis

Walaupun album Venom Black Metal yang dirilis tahun 1982 adalah album pertama yang memuat Terms Black Metal, sebenarnya menurut pengamatan jurnalis , album Bathory – Bathory ini lah yang menegaskan aliran Black Metal ini, dengan lagu lagu seperti In Conspiracy with Satan, Armageddon yang kental nuansa Satanis, produksi dan komposisi lagu yang sangat sederhana juga dibarengi dengan vocal shrieking low pitch yang menjadi trade mark dari band band Black Metal di kemudian hari. Walaupun ada juga yang menyatakan bahwa album Bathory – Bathory ini terinfluence oleh Venom – Black Metal, pendapat ini dipatahkan oleh salah satu wawancara dengan Thomas Forsberg di majalah Metal Hammer yang menyatakan bahwa pada saat itu dia belum memiliki album Black Metal milik Venom , malah beliau banyak terinfluence oleh Motorhead, Black Sabbath dan GBH.

Album album berikutnya, seperti The Return dan Under the Sign of the Black Mark adalah album yang dapat dikatakan sebagai album yang mempengaruhi perkembangan karakter musik dari band band black metal di gelombang kedua, terutama band yang berasal dari Norwegia , sebut saja Dimmu Borgir.

Mayhem sang Pelopor di ranah Norwegia


Mayhem dibentuk pada 1981. Formasi awal mereka terdiri dari gitaris/vokalis Øystein Aarseth(Euronymous), basis Jørn Stubberud (Necrobutcher), dan drummer Kjetil Esten Haraldsson Manheim (Manheim) .. Nama mereka diambil dari lagu "Mayhem With Mercy" oleh Venom. Mayhem adalah band yang sangat kontroversial karena keterlibatan mereka dalam berbagai pembunuhan, bunuh diri, pembakaran gedung gereja, dan tindakan kekerasan lainnya. Euronymous kemudian berkonsentrasi pada gitar setelah vokalis Messiah (Eirik Nordheim) bergabung pada 1986, yang kemudian digantikan oleh Maniac (Sven Erik Kristiansen). Setelah dua demo, mereka merekam Deathcrush dengan perusahaan rekaman baru Euronymous, Posercorpse Music.

Pada tahun 1988, Manheim dan Maniac meninggalkan band ini; Manheim karena ingin mencari pekerjaan tetap, Maniac setelah gagal bunuh diri dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa. Mereka digantikan oleh Dead (Per Yngve Ohlin ) an Hellhammer (Jan Axel Blomberg)


Dead, seperti namanya, memiliki sifat melankolis dan menggemari tema-tema kematian, dan kegelapan. Bahkan menurut rumor yang beredar Euronymous, kurang menyukainya karena memiliki kelainan jiwa . Walaupun demikian Dead memiliki banyak teman dalam dunia black metal, walaupun dianggap sedikit naif. Dead memiliki tingkah laku yang aneh; suatu kali ia mengubur pakaiannya di bawah tanah selama beberapa minggu sehingga ia dapat memakai pakaian tersebut yang sudah membusuk dalam suatu konser. Ia juga pernah memasukkan seekor gagak mati ke dalam kantong plastik untuk "menghirup hawa kematian" sebelum naik panggung. Hal ini makin memperkuat atmosfir musik Mayhem, dan lirik band ini berkembang menjadi satanisme, kegelapan, depresi, dan kejahatan. Dalam banyak pertunjukan mereka, kepala-kepala babi ditancapkan di atas tombak dan Dead melukai dirinya sendiri dengan pisau.

Formasi Dead ,Euronymous,Necrobutcher dan Hellhammer menjadi terkenal. Setelah beberapa pertunjukan di Norwegia dan Jerman (di mana Live in Leipzig direkam), Mayhem mulai merekam album mereka yang pertama, De Mysteriis Dom Sathanas.


Pada 8 April 1991, teman satu bandnya, Øystein 'Euronymous' Aarseth, menemukan Dead mati bunuh diri dengan memotong pergelangan tangannya sendiri dan tembakan di kepala. Catatan yang ditulisnya sebelum meninggal adalah "Excuse all the blood. Cheers." Hellhammer mengatakan bahwa Dead juga minta maaf karena menggunakan senapan di dalam rumah, tapi pisaunya kurang tajam untuk bunuh diri. Euronymous kemudian cepat-cepat membeli kamera daur ulang dan membuat foto dari jenazah Dead, yang kemudian digunakan dalam sampul album bootleg Dawn of the Black Hearts. Aarseth juga konon telah memakan sebagian otak Dead, dan membuat kalung dari serpihan-serpihan tengkoraknya, walaupun Aarseth menyangkal hal yang pertama dalam sebuah wawancara . Kalung ini kemudian dicuri dalam sebuah tur. Ia juga konon mengirimkan beberapa serpihan tengkorak ke band-band yang dianggapnya "layak", misalnya band Swiss Samael dan Morgan S. Håkansson dari Marduk.

A Blaze in the Northern Sky


Darkthrone, merupakan band yang dikatakan salah satu pionir dari gelombang musisi Black Metal di tanah Norwegia . Band ini didirikan oleh Fenriz (Gylve Nagell ) pada tahun 1986 yang kemudian dibantu oleh Nocturno Culto ( Ted Skjellum) .Darkthrone pada awalnya merupakan band dengan aliran Death Metal, dengan rilisan pertama yang kental dengan Sunlight sound nya ( ala Edge of Sanity) , berjudul Soulside Journey. Namun dengan A Blaze in the Northern Sky, Darkthrone menancapkan kuku-nya sebagai pionir dari Sound Black Metal ini dengan karakter sound gitar yang sanga raw dan lirik yang sangat paganis. Fenriz dalam sebuah wawancara menyatakan bahwa band ini memiliki cita cita menjadi band yang paling dibenci di seluruh dunia, dengan karakter sound yang amat sangat buruk.


Citra Satanisme dari Darkthrone semakin kuat di album album berikutnya dan terms ini menginspirasikan band lain dari Norwegia yang masuk ke dalam gelombang ketiga, seperti Ulver dan Arcturus.

The Wrath of the Emperor


Di masa muda dan awal pergerakan Black Metal, Ihsahn dan Samoth bertemu di sebuah klinik Gitar di Oslo, dan mencoba membuat sebuah band beraliran Death Metal,, mula mula bernama Dark Device, Xerasia, Embryonic dan akhirnya muncullah band yang merupakan embrio dari Emperor, bernama Thou Shalt Suffer. Samoth dan Mortiis membentuk Emperor di awal tahun 1991 dan merilis demo berjudul Wrath of Tyrants. Candlelight Records sebuah subdivisi dari Century Media akhirnya tertarik dengan demo ini dan mengontrak mereka untuk 4 album . Untuk memenuhi kontrak ini, akhirnya direkrutlah Bard ‘Faust’ Eithun sebagai drummer 

Pada musim panas 1992, pergerakan black metal inner circle mulai terbentuk, yang diinisiasi oleh Samoth , Ihsahn dan anggota dari Mayhem ( Euronymous dan Dead ). Pada tahun 1993 , mereka mengadakan tour yang bersejarah dan legendaries di kawasan Eropa Barat dan Inggris bersama Cradle of Filth, karena pada tour inilah pemakaian corpsepaint dimulai dan menjadi trademarks tersendiri bagi musisi Black Metal.

Pada tahun 1994, dirilislah album legendaries, In the Nightside Eclipse yang dapat disebut sebagai album yang menginspirasi musik Black metal dan memberikan arahan baru dan konsep dalam bermusik di gelombang kedua ini, dengan struktur lagu lagu memiliki tema paganis, sound gitar yang raw, struktur lagu yang cukup bervariasi dan total shrieking vocal dibantu dengan sound keyboard yang ambient .

Album album berikutnya, sedikit berbeda dengan cara pandang Fenriz dan Nocturno Culto dari Darkthrone , yang mencoba membuat musik sejelek mungkin, musik Emperor lebih cenderung berevolusi kea rah struktur yang lebih kompleks , seperti Anthmes to the welkins, IX Equilibrium dan album terakhir mereka Prometheus …

Kontroversi

a. Mayhem dan Burzum

Pada 1993, Live in Leipzig diterbitkan dan dipersembahkan kepada Dead. Kemudian diikuti oleh bootleg Dawn of the Black Hearts. Karena band ini mulai diselidiki oleh polisi dan media massa , Necrobutcher hengkang dan tinggal tersisa dua anggota.

Tahun itu juga, proses rekaman untuk De Mysteriis Dom Sathanas dilanjutkan dengan Attila Csihar sebagai vokalis dan Count Grishnackh (Varg Qisling Larssøn Vikernes ) sebagai bassist. Varg memiliki nama lahir Kristian Vikernes, Ia memiliki nama panggung Count Grishnackh (merujuk kepada seorang tentara Orc dalam buku J.R.R. Tolkien The Lord of the Rings) ketika bermain untuk kelompok musik Mayhem.

Varg Vikerness

Karena penyelidikan polisi Euronymous terpaksa menutup toko rekamannya Helvete. Helvete adalah toko rekaman yang dimiliki oleh Euronymus, Helvete dalam bahasa Norwegia artinya neraka. Toko rekaman ini penting karena menjadi salah satu pusat terpenting dalam perkembangan musik black metal di Norwegia, di mana banyak musisi berkunjung dan menjalin hubungan. Selain itu di lantai bawah tanahnya Euronymous juga mendirikan sebuah perusahaan rekaman bernama Deathlike Silence Productions, menerbitkan banyak rekaman black metal legendaris. Pada saat itu ia berhutang sekitar 30.000 NOK pada Grishnackh, namun menolak untuk membayar.

Pada 10 Agustus 1993, Grishnackh pergi dari Bergen ke apartemen Euronymous di Oslo bersama Blackthorn (Snorre Westvold aka Snorre Ruch ) , dari band Thorns. Dalam perjalanan selama 7 jam itu, ia mampir ke rumah beberapa teman, menciptakan alibi dengan menyewa video atas nama mereka. Sampai di rumah Euronymous, Grishnackh menusuknya dengan pisau. Menurut otopsi Euronymous ditusuk 23 kali, 2 di kepala, 5 di leher, dan 16 di punggung. Walaupun demikian, Vikernes mengaku Euronymous jatuh di atas pecahan-pecahan kaca dari sebuah lampu yang jatuh ketika mereka berkelahi. Hal ini, menurutnya, menyebabkan luka-luka tusukan di tubuhnya.

Setelah kematian Aarseth, Mayhem merekam album De Mysteriis Dom Sathanas. Ibu Euronymous memohon kepada Hellhammer, drummer Mayhem, agar rekaman bass Count Grishnackh dihapus. Walaupun Hellhammer menyanggupi untuk merekam ulang bass, ia sebenarnya tidak mampu, sehingga album itu masih mengandung rekaman bass Grishnackh. Ada yang unik dalam rekaman Mayhem ini, walaupun De Mysteriis … ditulis dengan pemain gitar MASIH Euronymous ternyata pengisi gitar di album ini adalah Snorre Ruch aka Blackthorn, hal ini terungkap lewat pernyataan Hellhammer di boxset rilis ulang-nya album ini dan penjelasan mengenai dibalik pembuatan album De Mysteriis …

Grishnackh.memiliki proyek musik solo lain bernama Burzum yang dimulai pada tahun 1987.Asal mula dari hutang Euronymous adalah untuk dirilisnya album album Burzum lewat label Deathlike Silence Production, tapi Euronymous lebih menginvestasikan uang tersebut di dua tempat, di samping di label tadi , juga untuk tokonya Helvete.

Sekilas mengenai musik Burzum band ini memiliki lirik yang sangat dipengaruhi oleh literatur Tolkien, misalnya nama Count Grishnackh diambil dari salah satu orc dalam buku Lord of the Rings. "Burzum" berasal dari Black Speech Mordor dan artinya "kegelapan".Lama kelamaan musik Burzum berubah dari black metal menjadi ambient dan minimalis. Banyak orang menuduh Vikernes menganut paham Nazi, namun hal ini disangkalnya karena menurutnya ia "tidak menganut nasional-sosialisme". Walaupun demikian saat ini penjualan album Burzum dilarang di eBay karena alasan ideologi rasis dan fasisme


Vikernes juga ditemukan bersalah dalam berbagai tuduhan: percobaan pembakaran gereja Storetveit di Bergen, pembakaran gereja Åsane di Bergen, gereja Skjold di Vindafjord, kapel Holmenkollen di Oslo, yang dibangun di atas tempat penyembahan pagan, dan menyebabkan kematian seorang pemadam kebakaran. Ia diberi hukuman maksimum di Norwegia, yaitu 21 tahun penjara. Ia juga dituduh membakar gereja Fantoft di dekat Bergen , tapi juri memutuskan ia tidak bersalah. Pada saat ditahan, polisi menemukan 100 kg bahan peledak di rumahnya. Vikernes berkata ia berencana meledakkan katedral Nidaros, gereja paling penting di Norwegia.
Selama di penjara ia merekam dua album Dauði Baldrs dan Hliðskjálf.
b. Black Metal Inner Circle

Black Metal Inner Circle adalah sebuah perkumpulan pergerakan Black Metal yang beranggotakan musisi black metal dari gelombang kedua asal Norwegia. Mereka sangat berpengaruh dalam perkembangan musik Black metal di awal tahun 1990. Kelompok ini sarat dengan kontroversi karena memiliki cita cita untuk membangkitkan kembali kebudayaan paganis dan kepercayaan nenek moyang mereka sebagai orang Viking dan menghidupkan perasaan kebencian kepada umat kristiani karena dianggap sebagai kepercayaan yang melunturkan kebudayaan asli milik nenek moyang mereka . Akibatnya mereka sering terlibat beberapa kejahatan , seperti pembunuhan dan pembakaran gereja. Black Metal Inner Cirlcle juga sering disebut sebagai Black Circle . Anggota utama dari kelompok ini adalah Øystein Aarseth (Euronymous) yang lebih cenderung sebagai seorang occultist ( praktek ilmu hitam ) dan Varg Vikerness sebagai seorang paganis 

Kelompok ini menurut beberapa referensi didirikan oleh Øystein Aarseth (Euronymous) pada sekitar tahun 1990 di toko musik / distro miliknya yang bernama Helvete ( neraka dalam bahasa Norwegia ) , anggota init dari Black Circle ini adalah Per Yngve Ohlin (Dead), Varg Vikernes dari Burzum, juga, Satyr dari Satyricon juga Bård Faust Eithun, Samoth dan Ihsahn dari Emperor

Beberapa kejahatan dan tuduhan criminal dijutukan pada kelompok ini oleh pihak keamana Norwegia, karena berbagai aktifitas nya yang mempengaruhi tidak kejahatan tidak hanya terjadi di Norwegia,melainkan juga di Negara lain di semenanjung Skandinavia sana , termasuk Swedia, Finlandia dan Denmark . Gosip yang beredar, bahwa ada generasi penerus dari Black Circle ini, namun tidak ada bukti yang menunjukan bukti nyata dari keberadaan mereka, hanya satu bukti kejahatan yang merujuk pada kegiatan ini, yaitu terbunuhnya remaja 15 tahun bernama Sandro Beyer oleh anggota band black metal Jerman, Absurd.

c. Konflik Sosial

Konflik social antar scene Black metal pernah terjadi. Konflik yang terbesar adalah antara scene Black Metal Finlandia dan Norwegia yang dikenal dengan nama the "Dark War" sejak tahun 1992 – 1993. Konflik ini diawali, ketika Nuclear Holocaust dari Beherit dan Mika Luttinen dari Impaled Nazarene , memulainya dengan menghina Samoth dari Emperor . Hal ini menginspirasi Luttinen dengan melakukan ancaman pembunuhan terhadap Samoth. Hal ini juga ditenggarai oleh perbedaan yang mendasar antara scene Finlandia yang lebih mengarah pada Satanisme , sedangkan Norwegia lebih cenderung kepada Paganis .

Pada sampul album Impaled Nazarene Tol Cormpt Norz Norz Norz kita bisa milihat teks seperti "No orders from Norway accepted" and "Kuolema Norjan kusipäille!" ( atau diterjemahkan menjadi Death to Norwegian assholes!). Karena terms Black Metal lebih cenderung ditujukan pada band band asal Norwegia, Impaled Nazarene, lebih cenderung menyebut musik mereka sebagai "Satanic death metal" sebagai upaya ‘pembersihan diri’ dari unsure Black Metal.

Black Crucifixion asal Finalndia secara nyata pada album mereka menyebut Fenriz dan Darkthrone sebagai anak kecil dan pengecut. Nuclear Holocaust dan Beherit tidak benar benar berpartisipasi dalam konflik ini, walaupun kelompok Black Circle dari Norwegia sempat membuat band bernama Fuck Beherit yang telah merilis 2 demo yang bertujuan menghina band Beherit. Hal ini juga yang menyebabkan Beherit tidak melanjutkan karir dalam bermusik dan keluar dari scene Black Metal dunia.

Rivalitas utama terjadi ketika scene Death Metal Swedia awalnya dinyatakan ikut bertanggung jawab atas kematian Aarseth, karena diawali oleh banyaknya ancaman pembunuhan yang dibuat mengatasnamakan scene Death Metal Swedia pada Aarseth, namun dugaan ini pupus ketika Vikerness dinyatakan bersalah atas kematian Aarseth.
Black Metal Modern

Gelombang kedua dari musisi Black Metal diawali oleh perkembangan aliran musik ini yang semakin berevolusi dengan berbagai karakter bermusik, diawali oleh Emeperor dengan In the nightside Eclipse, Cradle of filth dengan Principle of Evil … Marduk dengan Those of the Unlight , Behemoth dengan Grom dan berbagai macam musisi Black Metal yang mewarnai perkembangan musik ini ke berbagai penjuru dunia, tanpa menghilangkan ‘roots’ dari musik Black metal ini.
5 Black Metal album paling berpengaruh pada gelombang Black metal Modern

1. Emperor - In The Nightside Eclipse 1994 [Candlelight Records]



Tak terbantahkan lagi, album ini yang sangat fenomenal, menancapkan sebuah tonggak bersejarah bagi perkembangan musik Black Metal modern, bisa dikatakan sebagai Reign in Blood nya Black Metal, album ini memberikan sebuah inspirasi bagi para musisi Black Metal, bahwa Black metal tidak hanya berupa konsep berpikir yang terkungkung dalam kerangka Mayhem atau Burzum, Black metal adalah sebuah aliran musik yang harus dieksplorasi lebih jauh baik dari segi komposisi lagu dan sound yang dihadirkan dalam sebuah album black metal. Aura magis dengan sound keyboard yang ambient memberikan warna tersendiri pada lagu lagu Emperor di album ini, simak saja track Into Infinity of thoughs dan Cosmic Keys to my Creations and Times.

2. Mayhem - De Mysteriis Dom Sathanas 1994 [Deathlike Silence]


Saya menempatkan album Mayhem – De Mysteriiss di tempat ke dua, karena lewat album ini-lah sebenarnya konsep musik Mayhem secara legenda dibuat pertama kali dan DIAKHIRI ..!! Tanpa menafikkan bahwa Mayhem merupakan sebuah band legenda yang mengundang kontroversi . Album ini menancapkan garis musik Black Metal dengan tempo yang lebih cepat dengan variasi tempo dalam lagu yang cukup minimalis. Perkembangan dari terms yang dikembangkan Mayhem, kita bisa menyimak band band selanjutnya yang membawakan musik Black Metal dengan cepat dan tanpa kompromi, seperti Marduk, Dark Funeral , Unlord dan lainnya.

3. Dark Throne - Under A Funeral Moon 1993 [Peaceville]


Album Black metal yang amat tidak layak untuk didengar ..tapi album ini merupakan tonggak sejarah sebuah konsep musik Black Metal yang cukup raw dan unik. Under a Funeral Moon merupakan konsep musik Black Metal primitive dengan menampilkan sound seadanya dan nampaknya berhasil menjadikan Dark Throne sebagai band yang paling dibenci di planet ini, karena bila anda menyimak album ini , anda akan mendengarkan pesan pesan rasisme yang kuat dengan sound gitar dan drum yang kasar sekali , namun sekali lagi album ini cukup fenomenal. Album Ulver
The madrigal of night / Natten Madrigal “ merupakan penerus dari album Under a Funeral moon ini yang konon kabarnya hanya direkam dengan menggunakan tape recorder dan direkam tidak distudio , tapi di alam terbuka di keheningan malam dan di tengah hutan Norwegia sana.

4. Dimmu Borgir - Enthrone Darkness Triumphant 1997 [Nuclear Blast] 


Sebuah masterpiece dari gelombang kedua musisi Black Metal, album Dimmu Borgir ini merupakan sebuah album yang bisa diberikan acungan 2 jempol yang bisa melanjutkan tradisi Emperor dengan proses evolusi dan perbaikan dari sisi komposisi lagu dan konsep bermusik yang tepat. Black Metal tidak harus memberikan sajian musik yang total dengan riff yang monoton, konsep drum yang tidak variatif, tapi bisa dihadirkan dengan komposisi musik yang jauh bisa diterima oleh berbagai kalangan, baik itu dari kalangan musisi Death metal, thrash metal atau dari genre lain. Penyebarangan konsep musik yang berani, dihadirkan oleh Dimmu borgir di album ini, tanpa meninggalkan tonggak Emperor lewat In the nightside … Dimmu Borgir telah melewati batas tersebut dan mengembangkan musik Black Metal ke arah yang lebih modern.

5. Cradle of Filth – Principle of Evil Made Flesh


Sajian horror ,erotica dan epic klasik merupakan konsep musik yang dicoba dihadirkan oleh band asal Suffolk Inggris ini. Dani DaVey / Dani Filth lewat album ini mencoba untuk menyajikan sesuatu yang baru, berbeda dengan konsep musik dari semenanjung Skandinavia sana . Konsep horror , pembunuhan berdarah yang kejam menjadi tema lagu lagu mereka. Komposisi musik Black Metal diramu dengan sound keyboard yang bernuansa horror , dibantu dengan riff2x gitar yang terinspirasi oleh Iron Maiden, menjadikan album ini merupakan tonggak tersendiri bagi perkembangan musik Black Metal di kemudian hari, dan menjadikan sub-genre tersendiri bagi musik Black Metal. Black Metal tidak hanya milik bangsa Norwegia, Swedia, Finlandia atau bangsa Skandinavia lainnya, tapi album ini memberikan acuan baru bagi musik Black Metal di kemudian hari.

sumber : Supri-Online.com

1 comment: